Sunday, August 11, 2013

Seragamku, Kebanggaanku


Seragam sekolah adalah identitas penting yang menunjukkan sekolah tersebut. Memakai seragam sekolah diwajibkan untuk seluruh siswa. Seandainya dibebaskan, maka si kaya akan memakai baju-baju mahal dan bermerk sedangkan yang kurang mampu hanya memakai seadanya. Seragam sekolah memang dibuat sama untuk menyetarakan semua kalangan agar tidak terjadi perilaku diskriminatif. Seragam sekolah dibuat senyaman mungkin dan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.
Dengan memakai seragam sekolah, tentu orang-orang akan mengenal mereka. Oleh karena itu, segala perbuatan harus dijaga selama seragam sekolah masih melekat dalam tubuh. Apabila perilaku salah seorang siswa buruk di jalan dan ada yang membaca bed sekolahnya, maka sekolah tersebutpun akan dicap buruk. Hal ini tentu sangat merugikan, karena tidak semua siswa berkelakuan buruk. Namun, banyak siswa yang sengaja menghilangkan bed lokasi agar tidak ada yang mengenali mereka. Biasanya ini sering dilakukan pelajar yang suka tawuran. Jika mereka memakai bed lokasi maka ada yang mengenali mereka dan mereka menganggap itu tidak aman.
Seharusnya siswa merasa bangga mengenakan seragam sekolah. Kebanggaan tersebut menunjukkan rasa cinta siswa kepada sekolahnya. Akan tetapi, jangan bersikap berlebihan juga. Bangga bukan berarti harus menggencet sekolah lain yang menghina sekolahnya.
Banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan. Untuk menunjukkan sekolahnya dimata sekolah lain bisa dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan. Jika menang tentu akan membanggakan sekolah. Karena sekolah adalah tempat menimba ilmu, tempat bersosialisasi, tempat berinteraksi, tempat yang nantinya akan membawa kita sukses. Bangga mengenakan seragam sekolah berarti bangga kepada sekolah dan bangga terhadap diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment