Monday, January 19, 2015

RPP Fotosintesis



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP/MTS
Mata pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
VII/1
Topik  
:
Energi dalam Sistem Kehidupan
Subtopik
:
Fotosintesis
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari.
2.2    Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6    Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.8     Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau

C.  Indikator
1.1.1        Menunjukkan rasa kagum terhadap energi-energi dalam kehidupan sebagai bentuk Ciptaan Tuhan, sehingga meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.1.1        Menunjukkan rasa ingin tahu saat melakukan percobaan fotosistesis pada tumbuhan hijau.
2.1.2        Bersikap teliti pada saat melakukan percobaan fotosistesis pada tumbuhan hijau.
2.2.1        Menunjukkan sikap bekerja kelompok saat melakukan percobaan dan diskusi hasil percobaan tentang proses fotosistesis pada tumbuhan hijau.
3.6.22    Mendefinisikan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3.6.23    Menjelaskan proses fotosistesis pada tumbuhan hijau.
4.8.1        Membuat rancangan rakitan alat uji Ingenhousz.
4.8.2        Melakukan percobaan uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
4.8.3        Menuliskan data hasil percobaan tentang uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
4.8.4        Menganalisis hasil percobaan tentang uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
4.8.5        Mengevaluasi hasil percobaan tentang uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan observasi, siswa dapat menunjukkan rasa kagum terhadap energi dalam proses fotosintesis.
2.    Melalui kegiatan observasi siswa dapat bersikap teliti dan bekerja kelompok pada saat melakukan percobaan Ingenhousz.
3.    Melalui kegiatan observasi, siswa dapat mendefinisikan dan menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau dengan benar.
4.    Siswa dapat membuat rancangan rakitan alat uji Ingenhousz dengan benar sesuai LKS.
5.    Siswa dapat melakukan percobaan uji Ingenhousz dengan cermat melalui Uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
6.    Siswa dapat menuliskan hasil percobaan uji Ingenhousz dengan cermat melalui Uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
7.    Siswa dapat menganalisis hasil percobaan Uji Ingenhousz dengan cermat melalui  Uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
8.    Siswa dapat mengevaluasi hasil percobaan Uji Ingenhousz dengan cermat melalui  Uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.

E.  Pendekatan/Strategi/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Scientific
2.    Metode diskusi
3.    Metode observasi

F.   Media Pembelajaran
1.    Media
a.    Komputer
b.    LCD
c.    Screen
2.    Alat dan Bahan
Terlampir dalam LKS
3.    Sumber Belajar
a.    Buku Siswa SMP Kelas VII
b.    LKS-5

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
Mengamati
Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan video hewan yang sedang makan.

Guru memberikan pertanyaan kepada siswa :
“Ayam makan jagung untuk mendapatkan energi dan bisa melakukan aktivitas. Sapi makan rumput untuk mendapatkan energi dan bisa melakukan aktivitas. Jadi apakah tumbuhan itu menyimpan energi. Dari mana energi tersebut berasal?”


Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang fotosintesis.

Mengamati
Siswa mengamati video yang ditunjukkan oleh guru.



Siswa menjawab pertanyaan guru.
10 menit
Kegiatan Inti
Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar (4-5 siswa) setiap kelompok.

Menanya
Guru memancing siswa untuk bertanya tentang proses menghasilkan makanan oleh tumbuhan.












Guru membagikan LKS-5 kepada setiap kelompok.

Mengeksplor/Eksperimen
Guru membimbing siswa melakukan percobaan sesuai dengan LKS.


Mengasosiasi
Guru meminta siswa menganalisis dan mengevaluasi hasil dari uji Ingenhousz sesuai dengan LKS.

Komunikasi
Guru meminta siswa untuk membuat laporan dan mengkomunikasikan hasil Uji Ingenhousz pada pertemuan yang akan datang.




Menanya
Siswa bertanya kepada guru :
Bagaimana cara tumbuhan mendapatkan makanannya ?
Apa nama peristiwa pembuatan makanan sendiri oleh tumbuhan ?
Bahan apa saja yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri?
Bagaimana cara membuktikan bahwa proses pembuatan makanan sendiri oleh tumbuhan menghasilkan oksigen ?




Mengeksplor/Eksperimen
Siswa bekerja dalam kelompok secara jujur, cermat, dan bertanggung jawab sesuai dengan LKS.

Mengasosiasi
Siswa menganalisis dan mengevaluasi hasil dari Uji Ingenhousz dengan cermat dan jujur sesuai dengan LKS.


Komunikasi
Siswa melakukan diskusi secara berkelompok dengan saling bekerja sama untuk membahas hasil Uji Ingenhousz.

60 menit
Penutup
Guru melakukan evaluasi hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Guru melakukan review hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Guru meminta beberapa siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Guru meminta siswa untuk mempelajari lebih mendalam tentang fotosintesis.





Siswa mendengarkan dengan cermat review yang disampaikan oleh guru.

Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
10 menit

H.  Penilaian
1.    Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrumen
Observasi
Lembar pengamatan sikap dan penilaian perilaku
Tes Unjuk Kerja
Tes Penilaian kerja prakikum fotosintesis
Tes Tertulis
Tes Uraian
2.    Instrumen
a.    Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan  tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar




Rubrik Penilaian Perilaku
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Menunjukkan rasa ingin tahu
3


2



1
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok.

Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.

Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat.
2
Ketelitian dan
hati-hati
3


2


1
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan. 

Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan.

Mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan.
3
Ketekunan dan
tanggungjawab
dalam belajar
dan bekerja baik
secara individu
maupun
berkelompok
3



2



1
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.

Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.

Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
4
Berkomunikasi
3


2



1
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain

Aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.

Tidak aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain.

b.    Rubrik Penilaian Keterampilan
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
Cara merangkai alat praktikum fotosintesis
3


2


1
Dapat memasukkan cabang tanaman air ke corong kaca sesuai prosedur.

Dalam memasukkan tanaman air dan corong kaca salah satunya kurang tepat.

Tidak dapat merangkai dengan tepat.

c.    Tes Uraian
1.    Apakah yang dimaksud dengan fotosintesis?
2.    Bagaimana reaksi dalam proses fotosintesis?
3.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi fotosintesis?
4.    Apakah tumbuhan yang tidak berwarna hijau dapat mengalami proses fotosintesis? Jelaskan!
5.    Jelaskan hasil percobaan uji Ingenhousz!

           

No comments:

Post a Comment