RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP/MTS
|
Mata pelajaran
|
:
|
IPA
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1
|
Topik
|
:
|
Energi
dalam Sistem Kehidupan
|
Subtopik
|
:
|
Fotosintesis
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari.
2.2
Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6
Mengenal konsep energi, berbagai
sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem
pencernaan makanan, dan fotosintesis.
4.8
Melakukan pengamatan atau
percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
C. Indikator
1.1.1
Menunjukkan rasa kagum terhadap energi-energi
dalam kehidupan sebagai bentuk Ciptaan Tuhan, sehingga meningkatkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
2.1.1
Menunjukkan rasa ingin
tahu saat melakukan percobaan fotosistesis pada tumbuhan
hijau.
2.1.2
Bersikap teliti pada saat melakukan percobaan
fotosistesis pada tumbuhan hijau.
2.2.1
Menunjukkan sikap bekerja kelompok saat melakukan percobaan
dan diskusi hasil percobaan tentang proses fotosistesis pada tumbuhan hijau.
3.6.22 Mendefinisikan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3.6.23 Menjelaskan proses fotosistesis pada tumbuhan hijau.
4.8.1
Membuat rancangan rakitan alat uji Ingenhousz.
4.8.2
Melakukan percobaan uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
4.8.3
Menuliskan data hasil percobaan
tentang uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
4.8.4
Menganalisis hasil percobaan tentang
uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
4.8.5
Mengevaluasi hasil percobaan tentang
uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan observasi, siswa dapat menunjukkan rasa
kagum terhadap energi dalam proses fotosintesis.
2.
Melalui kegiatan observasi siswa dapat bersikap teliti
dan bekerja kelompok pada saat melakukan percobaan Ingenhousz.
3.
Melalui kegiatan observasi, siswa dapat mendefinisikan
dan menjelaskan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau dengan benar.
4.
Siswa dapat membuat rancangan rakitan alat uji Ingenhousz
dengan benar sesuai LKS.
5.
Siswa dapat melakukan percobaan uji Ingenhousz dengan
cermat melalui Uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
6.
Siswa dapat menuliskan hasil percobaan uji Ingenhousz dengan
cermat melalui Uji Ingenhousz di tempat terang dan gelap.
7.
Siswa dapat menganalisis hasil percobaan Uji Ingenhousz
dengan cermat melalui Uji Ingenhousz di
tempat terang dan gelap.
8.
Siswa dapat mengevaluasi hasil percobaan Uji Ingenhousz
dengan cermat melalui Uji Ingenhousz di
tempat terang dan gelap.
E. Pendekatan/Strategi/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Scientific
2.
Metode diskusi
3.
Metode observasi
F.
Media Pembelajaran
1.
Media
a.
Komputer
b.
LCD
c.
Screen
2.
Alat dan Bahan
Terlampir dalam LKS
3.
Sumber Belajar
a.
Buku Siswa SMP Kelas VII
b.
LKS-5
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Pendahuluan
|
Mengamati
Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan
menunjukkan video hewan yang sedang makan.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa :
“Ayam makan jagung untuk mendapatkan energi dan bisa melakukan aktivitas.
Sapi makan rumput untuk mendapatkan energi dan bisa melakukan aktivitas. Jadi
apakah tumbuhan itu
menyimpan energi. Dari mana energi tersebut berasal?”
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang fotosintesis.
|
Mengamati
Siswa mengamati video yang ditunjukkan oleh guru.
Siswa menjawab
pertanyaan guru.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Guru mengorganisasikan siswa
dalam kelompok belajar (4-5 siswa) setiap kelompok.
Menanya
Guru memancing siswa untuk bertanya tentang
proses menghasilkan makanan oleh tumbuhan.
Guru membagikan LKS-5
kepada setiap kelompok.
Mengeksplor/Eksperimen
Guru membimbing siswa melakukan percobaan sesuai dengan LKS.
Mengasosiasi
Guru meminta siswa menganalisis dan mengevaluasi hasil dari uji Ingenhousz sesuai dengan LKS.
Komunikasi
Guru meminta siswa untuk membuat laporan dan mengkomunikasikan hasil Uji
Ingenhousz pada pertemuan yang akan datang.
|
Menanya
Siswa bertanya kepada guru :
Bagaimana cara
tumbuhan mendapatkan makanannya ?
Apa nama
peristiwa pembuatan makanan sendiri oleh tumbuhan ?
Bahan apa saja
yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri?
Bagaimana cara
membuktikan bahwa proses pembuatan makanan sendiri oleh tumbuhan menghasilkan
oksigen ?
Mengeksplor/Eksperimen
Siswa bekerja dalam kelompok secara jujur, cermat, dan bertanggung jawab
sesuai dengan LKS.
Mengasosiasi
Siswa menganalisis dan mengevaluasi hasil dari
Uji Ingenhousz dengan cermat dan jujur sesuai dengan LKS.
Komunikasi
Siswa melakukan diskusi secara berkelompok dengan saling bekerja sama
untuk membahas hasil Uji Ingenhousz.
|
60 menit
|
Penutup
|
Guru melakukan evaluasi hasil pembelajaran yang
telah dilakukan.
Guru melakukan review hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru meminta beberapa siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah
dilakukan.
Guru meminta siswa untuk mempelajari lebih mendalam tentang fotosintesis.
|
Siswa mendengarkan dengan cermat review yang disampaikan oleh guru.
Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
|
10 menit
|
H. Penilaian
1.
Metode dan
Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar pengamatan sikap dan penilaian perilaku
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Penilaian kerja prakikum fotosintesis
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
2.
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan berkomunikasi
pada saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian
Perilaku
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3
2
1
|
Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan
kelompok.
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu
antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh.
Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
walaupun telah didorong untuk terlibat.
|
2
|
Ketelitian dan
hati-hati
|
3
2
1
|
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati
dalam melakukan percobaan.
Mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati
dalam melakukan percobaan.
Mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan.
|
3
|
Ketekunan dan
tanggungjawab
dalam belajar
dan bekerja baik
secara individu
maupun
berkelompok
|
3
2
1
|
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik
yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun
belum menunjukkan upaya terbaiknya.
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas, dan tugasnya tidak selesai.
|
4
|
Berkomunikasi
|
3
2
1
|
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau
ide, menghargai pendapat siswa lain
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut
mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain.
Tidak aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukaan gagasan atau ide,
kurang menghargai pendapat siswa lain.
|
b.
Rubrik Penilaian Keterampilan
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
Cara merangkai alat praktikum
fotosintesis
|
3
2
1
|
Dapat memasukkan cabang
tanaman air ke corong kaca sesuai prosedur.
Dalam memasukkan tanaman air
dan corong kaca salah satunya kurang tepat.
Tidak dapat merangkai dengan
tepat.
|
c.
Tes Uraian
1.
Apakah yang dimaksud dengan fotosintesis?
2.
Bagaimana reaksi dalam proses fotosintesis?
3.
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi fotosintesis?
4.
Apakah tumbuhan yang tidak berwarna hijau dapat mengalami
proses fotosintesis? Jelaskan!
5.
Jelaskan hasil percobaan uji Ingenhousz!
No comments:
Post a Comment