No
|
Aspect of Analysis
|
Result
|
1.
|
Core
Competence
(Kompetensi
Inti)
|
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
2.
|
Basic of
Competence
(Kompetensi
Dasar)
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan
kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur;
teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan,
transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
4.8
Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses
fotosintesis pada tumbuhan hijau
4.9
Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan.
|
3.
|
Indicator
(Indikator)
KD 3.6
Mengenal konsep
energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, tranformasi energi,
respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
KD 4.8
Melakukan
pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis
pada tumbuhan hijau.
KD 4.9
Melakukan
pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki respirasi pada hewan.
|
1.1.1
Menunjukkan rasa kagum terhadap energi-energi dalam kehidupan
sebagai bentuk Ciptaan Tuhan, sehingga meningkatkan rasa syukur terhadap
Tuhan.
2.1.1
Menunjukkan rasa ingin tahu saat melakukan percobaan proses
fotosistesis pada tumbuhan hijau an respirasi pada serangga.
2.1.2
Bersikap teliti pada saat melakukan pengamatan menganai
proses fotosistesis pada tumbuhan hijau dan respirasi pada serangga.
2.2.1 Menunjukkan
sikap bekerja kelompok saat melakukan pengamatan dan diskusi
hasil pengamatan tentang proses fotosistesis pada tumbuhan hijau dan
respirasi pada serangga.
3.6.1 Menjelaskan konsep energi.
3.6.2 Mengonsepkan
energi potensial berdasarkan kehidupan sehari-hari.
3.6.3 Memecahkan soal perhitungan tentang energi potensial menggunakan rumus
yang ada.
3.6.4 Mengonsepkan
energi kinetik berdasarkan kehidupan sehari-hari.
3.6.5 Memecahkan soal perhitungan tentang energi kinetik
menggunakan rumus yang ada.
3.6.6 Mengaitkan
energi potensial dan energi kinetik.
3.6.7 Memecahkan soal perhitungan tentang energi mekanik
menggunakan rumus yang ada.
3.6.8 Memberikan
contoh sumber-sumber energi.
3.6.9 Mendiferensiasikan
sumber energi tak terbarukan dan energi terbarukan.
3.6.10 Merekonstruksi
bentuk-bentuk perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan video
tentang perubahan energi.
3.6.11 Menguraikan
mekanisme transformasi energi dalam sel oleh klorofil.
3.6.12 Menguraikan mekanisme transformasi energi
dalam sel oleh mitokondria.
3.6.13 Menguraikan metabolisme sel.
3.6.14 Mendiferensiasikan katabolisme dan anabolisme.
3.6.15 Menjelaskan proses respirasi pada makhluk hidup.
3.6.16 Mendiferensiasikan proses inspirasi dan ekspirasi.
3.6.17 Menejelaskan
sistem pencernaan makanan.
3.6.18 Menguraikan
proses pencernaan karbohidrat.
3.6.19 Menguraikan
proses pencernaan protein.
3.6.20 Menguraikan
proses pencernaan lemak.
3.6.21 Menyebutkan
contoh penyakit akibat gangguan pencernaan.
3.6.22 Mendefinisikan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3.6.23 Menjelaskan proses fotosistesis pada tumbuhan hijau.
4.8.1 Mengamati
percobaan Ingenhouz pada tempat terang dan gelap.
4.8.2 Menuliskan
data hasil pengamatan mengenai percobaan Ingenhouz.
4.8.3 Merancang
percobaan Ingenhouz.
4.8.4 Menganalisis
hasil percobaan mengenai percobaan Ingenhouz.
4.8.5 Mengevaluasi
hasil percobaan tentang percobaan Ingenhouz.
4.8.6 Mempresentasikan
hasil percobaan tentang percobaan Ingenhouz.
4.9.1 Mengamati
proses respirasi pada serangga.
4.9.2 Menuliskan
hasil pengamatan respirasi pada serangga.
4.9.3 Menganalisis
hasil pengamatan respirasi pada serangga.
4.9.4 Mempresentasikan
hasil pengamatanrespirasi pada serangga.
|
4.
|
Topic
(Topik)
|
Energi
dalam Sistem Kehidupan
|
Monday, January 19, 2015
Analisis Kurikulum
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment