Monday, January 19, 2015

Analisis Kurikulum


No
Aspect of Analysis
Result
1.
Core Competence
(Kompetensi Inti)
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

2.
Basic of Competence
(Kompetensi Dasar)
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6 Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis
4.8 Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau
4.9 Melakukan pengamatan atau percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan.

3.
Indicator
(Indikator)












KD 3.6
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, tranformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis






































KD 4.8
Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.







KD 4.9
Melakukan pengamatan atau percobaan sederhana untuk menyelidiki respirasi pada hewan.



1.1.1  Menunjukkan rasa kagum terhadap energi-energi dalam kehidupan sebagai bentuk Ciptaan Tuhan, sehingga meningkatkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.1.1  Menunjukkan rasa ingin tahu saat melakukan percobaan proses fotosistesis pada tumbuhan hijau an respirasi pada serangga.
2.1.2  Bersikap teliti pada saat melakukan pengamatan menganai proses fotosistesis pada tumbuhan hijau dan respirasi pada serangga.
2.2.1 Menunjukkan sikap bekerja kelompok saat melakukan pengamatan dan diskusi hasil pengamatan tentang proses fotosistesis pada tumbuhan hijau dan respirasi pada serangga.
3.6.1 Menjelaskan konsep energi.
3.6.2 Mengonsepkan energi potensial berdasarkan kehidupan sehari-hari.
3.6.3 Memecahkan soal perhitungan tentang energi potensial menggunakan rumus yang ada.
3.6.4 Mengonsepkan energi kinetik berdasarkan kehidupan sehari-hari.
3.6.5 Memecahkan soal perhitungan tentang energi kinetik menggunakan rumus yang ada.
3.6.6 Mengaitkan energi potensial dan energi kinetik.
3.6.7 Memecahkan soal perhitungan tentang energi mekanik menggunakan rumus yang ada.
3.6.8 Memberikan contoh sumber-sumber energi.
3.6.9 Mendiferensiasikan sumber energi tak terbarukan dan energi terbarukan.
3.6.10 Merekonstruksi bentuk-bentuk perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan video tentang perubahan energi.

3.6.11 Menguraikan mekanisme transformasi energi dalam sel oleh klorofil.
3.6.12 Menguraikan mekanisme transformasi energi dalam sel oleh mitokondria.
3.6.13 Menguraikan metabolisme sel.
3.6.14 Mendiferensiasikan katabolisme dan  anabolisme.
 
3.6.15 Menjelaskan proses respirasi pada makhluk hidup.
3.6.16 Mendiferensiasikan proses inspirasi dan ekspirasi.

3.6.17 Menejelaskan sistem pencernaan makanan.
3.6.18 Menguraikan proses pencernaan karbohidrat.
3.6.19 Menguraikan proses pencernaan protein.
3.6.20 Menguraikan proses pencernaan lemak.
3.6.21 Menyebutkan contoh penyakit akibat gangguan pencernaan.

3.6.22 Mendefinisikan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
3.6.23 Menjelaskan proses fotosistesis pada tumbuhan hijau.

4.8.1 Mengamati percobaan Ingenhouz pada tempat terang dan gelap.
4.8.2 Menuliskan data hasil pengamatan mengenai percobaan Ingenhouz.
4.8.3 Merancang percobaan Ingenhouz.
4.8.4 Menganalisis hasil percobaan mengenai percobaan Ingenhouz.
4.8.5 Mengevaluasi hasil percobaan tentang percobaan Ingenhouz.
4.8.6 Mempresentasikan hasil percobaan tentang percobaan Ingenhouz.

4.9.1 Mengamati proses respirasi pada serangga.
4.9.2 Menuliskan hasil pengamatan respirasi pada serangga.
4.9.3 Menganalisis hasil pengamatan respirasi pada serangga.
4.9.4 Mempresentasikan hasil pengamatanrespirasi pada serangga.
4.
Topic
(Topik)
Energi dalam Sistem Kehidupan

No comments:

Post a Comment